Absensi Siswa

ABSENSI SISWA



Salam the Winner


Kehadiran siswa di sekolah biasa disebut dengan istilah presensi siswa. Pengertian presensi siswa mengandung dua arti, yaitu masalah kehadiran di sekolah (school attendance) dan ketidakhadiran di sekolah (non school attendance). Kehadiran dan ketidakhadiran siswa di sekolah dianggap merupakan masalah penting dalam pengelolaan siswa di sekolah, karena hal ini sangat erat hubungannya denganprestasi belajar siswa. Di samping itu, kehadiran dan ketidakhadiran siswa di sekolah merupakan gambaran tentang ketertiban suatu sekolah.

Kehadiran siswa di sekolah (school attandence) adalah kehadiran dan keikutsertaan siswa secara fisik dan mental terhadap aktivitas sekolah pada jam-jam efektif di sekolah. Sedangkan ketidakhadiran adalah ketiadaan partisipasi secara fisik siswa terhadap kegiatan-kegiatan sekolah. Pada jam-jam efektif sekolah, siswa memang harus berada di sekolah. Kalau tidak ada di sekolah seyogyanya dapat memberikan keterangan yang sah serta diketahui oleh orang tua atau walinya.

 

Tujuan Kehadiran


Adapun tujuan kehadiran siswa di sekolah menurut E. Mulyasa, antara lain: 1) Untuk mengembangkan bakat dan pengalaman belajar 2) Untuk menjalin komunikasi antara guru dan siswa serta sesama siswa 3) Untuk mempelajari dan memahami pesan yang disampaikan guru di kelas 4) Untuk membentuk sikap dan sifat demokrasi siswa 5) Untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki siswa.

 

Kehadiran siswa sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena dari keaktifan siswa segala kegiatan belajar mengajar menjadi terarah. tingkat kehadiran siswa baik absensi secara online maupun offline sebagai data administrasi guru dan rekapan siswa. diharapkan siswa selalu mengisi absen ketika diberikan tugas maupun penilaian. Silahkan mengisi kehadiran untuk melengkapi administrasi pembelajaran. pilihlah link sesuai dengan kelas anda.


Link Absensi kelas X.E1

Link Absensi kelas X.E2

Link Absensi kelas X.E3

Link Absensi kelas X.E4

Link Absensi kelas XI.F1

Link Absensi kelas XI.F2

Link Absensi kelas XI.F3

Link Absensi kelas XI.F4

Link Absensi kelas XII.IPS1

Link Absensi kelas XII.IPS2

Link Absensi kelas XII.IPB

Link Absensi kelas XII.MIPA



Sumber : E. Mulyasa, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta• Bumi Aksara,

2011), h. 73-74.

13http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/10/17/tentang-kehadiran-dan-ketidak hadiran-siswa-di-sekolah/


Salam Penulis


Murdiono, S.Pd.B

0 comments:

Posting Komentar