SMA TERBUKA - INFORMATIKA

Mengenal SMA Terbuka



Mari mengenal SMA Terbuka SMAN 1 Pemenang – Sekolah Menengah Atas (SMA) Terbuka merupakan program Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai alternatif dan solusi bagi anak usia sekolah yang tidak dapat menjangkau SMA reguler pada umumnya. Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat mengungkapkan SMA Terbuka menjadi pilihan bagi masyarakat yang tidak dapat menjangkau lembaga pendidikan SMA reguler maupun swasta.


Program SMA Terbuka di gagas sebagai cabang dari sekolah induk. Para pengajar dari SMA Terbuka merupakan guru-guru dari sekolah induk atau di kenal dengan istilah guru kunjung yang mengajar di SMA Terbuka. Tempat Kegiatan Belajar (TKB) merupakan tempat para siswa SMA Terbuka belajar. Biasanya menggunakan ruang TK, SD, SMP, MTs, Masjid, Balai dan tempat umum yang bisa difungsikan.


Dasar Hukum Pembangunan SMA Terbuka


SMA Terbuka SMAN 1 Pemenang diselenggarakan berdasar pada Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 74 Tahun 2020. Pada Pasal 1 dijelaskan bahwa SMA Terbuka adalah salah satu bentuk satuan Pendidikan formal yang berdiri sendiri tetapi merupakan bagian dari Sekolah Induk dengan penyelenggaraan Pendidikan menggunakan jarak jauh.


Adapun Sekolah Induk adalah sekolah yang memenuhi syarat untuk menjadi Pembina dari satu atau lebih layanan Pendidikan khusus. Artinya SMA Terbuka memiliki kurikulum sendiri namun tetap memiliki induk dari suatu sekolah SMA reguler.


Pada laman web ini akan menampilkan informasi mengenai Kelas dan Materi ajar. Bagi siswa yang ingin mencari informasi terkait materi dan juga proses pembelajaran, dalam web ini disediakan kelas khusus bagi siswa SMA Terbuka. Link akan diupdate sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh sekolah induk.


Silahkan unduh Buku Digital Informatika

Klik link berikut ini untuk mengunduh Buku Digital berupa PDF Buku Informatika Klik Disini


Untuk tautan materi dapat di buka melalui laman berikut ini :

Pertemuan 1 : Mengenal Komputer

Tautan absensi : Klik Disini

Tautan untuk Tugas dan Penilaian : Klik Disini


Pertemuan 2 : Jaringan Komputer

Tautan absensi : Klik Disini

Link Tugas dan Penilaian : Klik Disini



Semangat belajar untuk meraih kesuksesanmu

Salam Penulis. 


Murdiono, S.Pd.B




0 comments:

Posting Komentar