Pengertian, Komponen, dan Contoh Kisi-kisi Soal

 

Pengertian, Komponen, dan Contoh Kisi-kisi Soal



Sebelum menyusun soal ulangan dan ujian, setiap guru harus terlebih dahulu menyusun kisi-kisi soal.

Pengertian Kisi-kisi Soal

Dilansir dari buku TOP ONE Bedah Kisi-kisi Terlengkap UN-USBN SMP/MTs, Tim Guru Indonesia & Tim Redaksi Bintang Wahyu, (2019:32), kisi-kisi soal adalah matriks yang memuat pedoman untuk penulisan soal dan juga sebagai alat penilaian.

Kisi-kisi merupakan pedoman penyusunan soal yang disusun berdasarkan silabus mata pelajaran, sehingga memuat kriteria lengkap dari penyusunan suatu soal.


Syarat dan Kriteria Kisi-kisi Soal

Kisi-kisi soal yang baik memenuhi sejumlah syarat dan kriteria berikut ini:

a.    Mewakili isi kurikulum dan kemampuan yang akan diujikan

b.    Soal-soalnya dibuat sesuai indikator dan bentuk soal yang ditetapkan

c.    Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami

d.    Terdiri dari sejumlah komponen dengan informasi yang jelas dan mudah dipahami

e.    Menggunakan satu atau lebih kata kerja operasional di setiap rumusan indikator


Komponen Kisi-kisi Soal

Komponen-komponen di dalam kisi-kisi soal disesuaikan dengan tujuan pelaksanaan tes. Kisi-kisi soal terdiri dari 2 jenis, komponen, yaitu: komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks.

Adapun komponen identitas sebagai berikut:

a.   Jenis dan jenjang sekolah

b.    Program studi dan jurusan

c.    Mata Pelajaran

d.    Tahun ajaran

e.    Kurikulum yang berlaku

f.     Alokasi waktu pengerjaan setiap bentuk soal

g.    Jumlah soal

h.    Bentuk soal

Kemudian komponen matriks sebagai berikut:

a.    Kompetensi dasar Materi

b.    Indikator

c.    Level kognitif

d.    Nomor soal


Level Kognitif Kisi-kisi Soal

Untuk level kognitif, ada 6 tingkat yang bisa dipilih, yakni:

a.    C1 - Mengingat : menjelaskan kembali apa yang telah dipelajari dari guru, buku, dan sumber lainnya, tanpa perubahan.

b.    C2 - Memahami: mengolah bentuk aslinya tanpa mengubah arti kata, istilah, tulisan, grafik, tabel, dan gambar.

c.    C3 - Menerapkan: menggunakan informasi, konsep, prosedur, dan prinsip, yang telah dipelajari untuk sesuatu yang baru alias belum dipelajari.

d.    C4 - Menganalisis: menggunakan keterampilan yang telah dipelajadi terhadap suatu informasi yang belum diketahui di dalam mengelompokkan informasi, menentukan hubungan antara beberapa kelompok, membuat kesimpulan, dan menyusun argumentasi.

e.    C5 - Mengevaluasi: menentukan nilai suatu benda atau informasi berdasarkan kriteria.

f.     C6 - Menciptakan: membuat hal baru dari yang telah ada, sehingga hasilnya merupakan satu kesatuan utuh dan berbeda dari komponen pembentuknya.

 

Kisi-kisi soal PAB Kelas X.E Klik Disini

Kisi-kisi soal PAB Kelas XI.F Klik Disini

Kisi-kisi soal PAB Kelas XII Klik Disini


Sumber : Kumparan.com



Penulis


Murdiono, S.Pd.B

 

 

 

0 comments:

Posting Komentar